Kategori
Tips dan Trik

Tags
Smartphone Baterai

Diupload Oleh
Diupload Oleh TFOA CekBarang Indo

Tips Cara Cepat Isi Baterai Tanpa Fast Charging

Diperbaharui pada Monday, 05 Sep 2022 | 03:43

Banyak produk Smartphone saat ini yang dibekali fitur pengisian cepat seperti Fast Charging, Quick Charging dan Vooc. Tapi kebanyakan produk smartphone tersebut ada di mid range keatas. Bagaimana smartphone dengan low / level entry? Sampai saat ini masih produsen smartphone dari berbagai brand masih belum membekali pengisian baterai cepat di produk level entry mereka. Ini membuat para pengguna produk tersebut terkadang kesal karena baterai cepat habis tapi sangat lama dalam melakukan pengecasan. Tapi tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan cara-cara berikut untuk mempercepat pengisian baterai smartphone yang tidak dilengkapi fitur pengisian cepat. Berikut langkahnya.

1. Gunakan Charger Original / Charger yang berkualitas

Banyak yang tidak mengetauhi dari spesifikasi pengecasan dari smartphone yang mereka miliki. Pada dasarnya saat ini smartphone memerlukan 2 Ampere daya di 5 Volt tegangan. Charger Original biasanya memiliki spesifikasi yang dibutuhkan oleh smartphone itu, tetapi tidak semua charger aftermarket atau yang dijual diluar brand itu memiliki spesifikasi tersebut dan bahkan apesnya banyak charger KW bertebaran di marketplace dan toko di sekitar kita. Biasanya charger yang tidak berkualitas tidak memberikan daya yang cukup untuk pengisian baterai alhasil pengisian menjadi lebih lama. Charger kualitas rendah biasanya hanya mengeluarkan 0,5 - 1 Ampere saja. Walau di spesifikasinya tertulis 2 Ampere. Ini salah satu bentuk penipuan terhadap konsumen demi meraup untung. Jadi berhati - hatilah saat membeli charger dan pastikan toko yang menjualnya memiliki reputasi yang bagus.

2. Gunakan Airplane Mode saat mengisi baterai

 

Airplane Mode adalah fitur yang diberikan di smartphone saat kita berada di pesawat terbang. Mode Airplane akan mematikan jaringan wifi, jaringan selular yang dapat menganggu jaringan komunikasi dipesawat. Tetapi fitur ini kita bisa manfaatkan untuk mempercepat pengisian daya karena dengan mematikan wifi dan selular, smartphone akan lebih irit dalam pemakaian daya sehingga baterai hp lebih cepat terisi.

3. Aktifkan Fitur Hemat Daya

Saat melakukan charging baterai kamu bisa melakukan fitur hemat daya. Sebenarnya didalam fitur hemat daya itu smartphone akan diatur dengan penggunaan baterai seminim mungkin seperti mengurangi kecerahan /. brightness dari layar, mematikan fungsi GPS, membatasi program yang berjalan di belakang layar, dan menonaktifkan mode getar yang semuanya luamyan memakan daya baterai. Dengan mengaktiffkan ini maka pengisian baterai akan lebih cepat.

4. Tutup Aplikasi yang sedang tidak digunakan

Kita biasanya tidak sadar banyak aplikasi yang terbuka di HP kita. Beberapa dari aplikasi itu sebenarnya masih berjalan melakukan proses kegiatas yang meningkatkan kinerja dari processor.Dengan meningkatnya kinerja processor itu sejalan dengan semakin banyaknya daya baterai yang dibutuhkan. Dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan akan lebih menghemat baterai dan otomatis akan mempercepat pengisian baterai.

5. Matikan HP saat mengisi baterai

Ini adalah cara termudah yang bisa dilakukan karena dengan mematikan sepenuhnya smartphone maka tidak ada daya yang dipakai oleh smartphone sehingga bisa berfokus ke pengisian baterai. Cara ini tergolong paling aman dan nyaman walau harus mengorbankan tidak mendapatkan pemberitahuan realtime notifikasi atau panggilan.

Berikut beberapa Tips atau Trik yang dapat membantu pengisian baterai lebih cepat. Adapun alasan lain baterai smartphone lambat penuh karena kualitas baterai di smartphone itu sudah menurun dan harus diganti.

 

Artikel Terpopuler
Rekomendasi Spesifikasi