Kategori
Tips dan Trik

Tags
Tidak ada Tags

Diupload Oleh
Diupload Oleh TFOA CekBarang Indo

Cara Mempercepat Koneksi Internet pada Laptop

Diperbaharui pada Friday, 30 Dec 2022 | 13:14

Internet pada jaman sekarang ini sangat diperlukan untuk kebutuhan masyarakat dan digunakan berbagai jenis usaha kantoran maupun untuk konten kreator, Oleh karena itu internet adalah kebutuhan yang harus terpenuhi dan banyak masyarakat indonesia yang memakai provider jasa internet tapi apa bila kondisi internet lemot atau signal lemah ada kalanya kita mencari cara untuk meningkatkan kualitas signal pada koneksi internet.

Tips Untuk Mempercepat Koneksi Internet

Sebenernya ada beberapa faktor untuk menjaga kestabilan kecepatan internet tergantung dari wilayah dan lokasi pengguna internet itu sendiri tapi ada juga yang kualitas provider layanan internet yang kurang bagus, Untuk meminimalisir hal tersebut ada tips supaya kita sebagai pengguna layanan internet bisa mengetahui dan memperbaiki hal tersebut.
1. Periksa FUP Internet Layanan Provider

Mungkin hal ini jarang kira perhatikan karena kebanyakan orang menggunakan provide internet tanpa mengecek berapa FUP (Fair Usage Police) yang terlah digunakan.

Sebagai contoh sederhana jiga kalian memakai jasa provider dengan kecepatan 20MB/s dan kalian mendapatkan FUP kisaran 10GB jadi pada saat akhir bulan atau bisa juga pertengahan bulan internet kalian bisa menjadi lemot karena FUP nya sudah mendekati limitnya.

Karena itu apabila mau berlangganan pada salah satu provider layanan internet sebaiknya kalian tanya dulu berapa kapasitas FUP yang diberikan pada pengguna layanan internet setelah sesuai dengan kapasitasnya barulah kalian bisa berlangganan dengan tenang.

Namun ada beberapa kasus yang tidak biasa dengan FUP tapi jika kapasitas FUP masih banyak tapi masih lemot koneksi internya, Kalian bisa cek dari perangkat modem, kabel jaringan dan yang lainnya karena bisa jadi hal tersebut bisa memperlambat koneksi internet kalian, Apabila hal ini terjadi kalian bisa hubungi layanan provider yang bersangkutan untuk mengganti perangkat yang mungkin sudah lawas atau rusak.

2. Pilih Browser Ringan

Dengan memilih browser yang ringan akan memperngaruhui kecepatan koneksi internet kalian supaya lebih cepat mengakses situ - situs yang kalian kunjungi tapi banyak kok browser - browser yang ringan tergantung selera kalian saja tapi saya merekomendasikan pilih browser Google Chrome yang sudah terbukti dan sudah banyak orang juga pakai karena banyaknya fitur dan juga aplikasi yang ringan dari Google.

3. Scan Laptop Secara Berkala
Untuk scan antivirus pada laptop sudah ada aplikasi bawaan dari windows itu sendiri yang dinamakan Windows Security dengan aplikasi yang telah disediakan dari pihak Windows sendiri kita tidak usah lagi menginstall aplikasi antivirus yang lain cukup hanya dengan menjalankan Windows Security, Upayakan untuk scan laptop kalian seminggu sekali atau bisa sebulan sekali tergantung dari kalian saja lebih pilih yang mana dalam scan berkala sebaiknya seminggu sekali untuk menjada laptop kailan dari virus - virus seperti malware, spyware maupun jenis virus lainya biasanya karena virus - virus tersebut yang menjadikan koneksi internet terhambat atau loading.

4. Download File yang Besar
Download file boleh - boleh saja karena untuk kebutuhan kalian untuk hiburan seperti download film terbaru yang ada di situs tertentu, Tapi pada saat kalian mendownload file tersebut akan ada efek yang memperngaruhui kecepatan atau browsing internet kalian karena secara bersamaan kalian sedang mendownload file yang cukup besar jadi untuk kecepatan internetnya terbagi jadi memungkinkan koneksi internetnya bisa lemot atau slow respon dari biasanya.

5. Menambah Kecepatan Koneksi Internet Pada Layanan Provider
Alternatif lain untuk meningkatkan kecepatan internet kalian adalah menambah kecepatan koneksi yang awalnya hanya 10MB/s menjadi 30MB/s akan sangat terasa perbedaanya dari segi browsing maupun download filenya dengan demikian kalian tidak perlu kawatir apabila kalian sedang mendownload yang besar dan browsing secara bersamaan pasti akan lancar.

jadi demikian cara untuk mempercepat koneksi internet kalian pada laptop dengan berbagai cara, Silahkan kalian mencobanya untuk emndapatkan hasil internet yang cepat dan stabil dalam penggunaan sehari - hari.

Artikel Terpopuler
Rekomendasi Spesifikasi