Kategori
Tips dan Trik

Tags
Tidak ada Tags

Diupload Oleh
Diupload Oleh TFOA CekBarang Indo

Cara menggunakan VPN dengan aman

Diperbaharui pada Tuesday, 27 Dec 2022 | 18:49

Mungkin banyak sekali situs - situs yang telah diblokir dengan alasan tertentu tapi untuk bisa mengakses situs - situs yang telah di blokir kita membutuhkan VPN atau bisa dibilang Virtual Private Network, Dengan cara memakai VPN kita bisa mengakses kembali situs - situs yang telag di blokir.

Banyak situs - situs website yang bermanfaat bagi kita untuk belajar tapi di blokir di server indonesia akibatnya kita akan kesulitan untuk membuka situs tersebut.

Untuk itu dengan menggunakan VPN kita bisa kembali membuka situs - situs yang telah di blokir tapi apakah cukup aman menggunakan VPN ? mari kita bahas lebiih detail.

Apa sih VPN itu ? dan bagaimana fungsinya ?

VPN singkatan dari Vitual Private Network adalah sebuah teknologi yang cukup lama yang memungkinkan koneksi internet kita berada antara satu jaringan publik untuk dapat terhubung dengan jaringan lokal atau jaringan pribadi.

Jika kita definisikan VPN adalah sesuatu yang tidak nampak dalam hal ini adalah yang kita sering gunakan yaitu Internet.

Private bila di definisikan adalah bersifat pribadi atau hanya dimiliki orang tertentu dan untuk Network itu sendiri adalah sebuah jaringan yang terkoneksi dengan internet jadi dengan definisi tersebut bisa kita ambil kesimpulannya bahwa VPN itu adalah jaringan yang bersifat pribadi.

Bagaimana Fungsi VPN ?

Mungkin masih banyak masyarakat yang belum paham tentang VPN itu karena mungkin tidak mengerti akses jaringan pada internet jadi VPN itu memungkinkan sebuah perangkat untuk membuat koneksi secara aman jadi semua data yang digunakan dan yang dikirin maupun diterima akan di lindungi olleh VPN tersebut.

Saat kita mengakses situs website yang akan dilakukan browser adalah melewati server VPN terlebih dahulu yang bisa IP Komputer kalian atau smartphone yang digunakan tidak diketahui.

Lebih tepatnya kalau kita menggunakan VPN dari pihak vendor atau penyedia lawanan internet tidak dapat melacak kita jadi untuk itu lebih aman menggunakan VPN untuk kebutuhan tertentu saja.

Mungkin penasaran bagaimana cara menggunakan VPN ? nah berikut cara menggunakan aplikasi VPN di smartphone kalian.

Mendownload Aplikasi VPN di Playstore

 

 

 

Untuk mengisntal aplikasi VPN kalian harus mencari aplikasi di penyedia seperti Playstore dan silahkan cari aplikasi yang sering digunakan seperti VPN Proxy Master, Turbo VPN dan masih banyak aplikasi yang serupa jadi tinggal pilih saja sesuai keinginan kalian.

Mencari Server yang Tersedia

Untuk step selanjutnya adalah kita harus mencari dan mengkoneksikan server dari negara yang mana kita pilih atau digunakan sebagai contoh saja bisa memilih server dari negara Amerika jadi silahkan tinggal di koneksikan saja.

Apabila sudah memilih server yang di inginkan kalian bisa lanjut ke step selanjutnya dengan mencoba mengkoneksikan internet kalian ke server tersebut dengan cara mebekan tombol Connect dan tunggu beberapa saat sampai ada muncul informasi bahwa kalian sudah berhasil mengkoneksikan jaringan VPN.

Memulai menikmati Jaringan VPN

 

 

 

Kemudian apabila sudah terkoneksi dengan baik dengan VPN dan server tersebut kalian sudah dengan bebas mengakses situs - situs yang telah diblokir tapi ada beberapa hal yang harus kalian tahu juga dalam menggunakan VPN ini ada limit yang kalian gunakan jadi kalian harus memperhatikan jumlah limit yang diberikan dari fasilitas VPN dan server tersebut karena VPN yang Free memiliki keterbatasan akses limit internet.

Jadi apakah kalian ingin mencoba untuk belajar menggukan VPN ? jika kalian tertarik silahkan kalian mengikutin tahapan yang sudah dijelaskan diatas.

 

 

 

 

Artikel Terpopuler
Rekomendasi Spesifikasi