Yang ditunggu! Bocoran Spesifikasi Asus Rog Phone 6

Diperbaharui pada Wednesday, 06 Jul 2022 | 09:00

Asus Rog Phone merupakan lini Gaming Mobile dari Asus. Tapi Asus tidak setiap tahun konsisten merilis lini ini, dan ini membuat produk asus rog phone ini selalu ditunggu tunggu peluncurannya. Bukan hanya tu, disetiap rilisnya asus rog phone ini selalu memiliki fitur menarik yang ga ada di lini gamming brand lain. Asus Rog Phone ini dirancang ASUS agar selalu dapat memanjakan penggunanya dengan fitur yang menarik serta desain yang selalu inovatif. Bukan hanya itu Rog Phone selalu menggunakan hadware terbaik dimasanya. Ini yang menjadikan Rog Phone selalu menjadi primadona bagi para gamer mobile. Apalagi disetiap perilisan terbarunya selalu diikuti peluncuran aksesoris baru yang ternyata ada beberapa yang bisa kompatibel dengan versi sebelumnya dari produk Rog Phone Ini.

Bocoran Spesifikasi Asus Rog Phone 6

Kriteria Spesifikasi

Produk

Asus Rog Phone 6

Foto

Varian

8 GB / 128 GB | 12 GB / 128 GB | 12 GB / 256 GB | 16 GB / 512 GB

SKU

Harga Resmi

Rp. N/A

Merek

ASUS

Model

ROG Phone
Rilis

13 Juli 2022

Jaringan

GSM / HSPA / LTE / 5G

Display

AMOLED, 165 Hz, 6.78 inchi, 1080 x 2448 pixels

OS

Android 12

Processor

Snapdragon 8+ Gen 1, 8 Core (Octa Core), 4 nm, Adreno 730

RAM

8 GB | 12 GB | 16 GB

Storage

128 GB | 256 GB | 512 GB, Tanpa SD Card Slot

Kamera Utama

50 MP, 13 MP, 5 MP

Kamera Selfie

12 MP

Konektivitas

Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, Dual-Band, Wi-Fi Direct, Hotspot, Dual-Band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, GNSS, NavIC, NFC, Tanpa Radio, USB Type-C 3.1 (side), USB Type-C 2.0 (bottom), accessory connector, USB On-The-Go

Fitur

Fingerprint Under Display (Optical), Accelometer, Gyroscope, Proximity, Compass

Baterai

Li-Po 6000 mAh, Non-Removable

Fisik

239 g (8.43 oz), IPX4 Anti Air, Illuminated RGB logo (on the back), Pressure Sensitive Zones (Gaming Triggers)

 

Processor

Di Rog Phone 6 ini Asus selalu ga mau tanggung tanggung dimana harus menggunakan Processor terbaik yang sedang ada. Pada Rog Phone 6 ini ASUS dengan berani memilih Snapdragon 8+ Gen 1. Ini adalah processor / soc lini tertinggi saat ini yang diproduksi oleh Qualcomm. Tentu saja soc ini memiliki performa yang tinggi dan dapat dipastikan Rog Phone 6 ini bakal menduduki jajaran teratas dalam benchmark performa. Tapi apakah Snapdragon 8+ Gen 1 ini dapat ditaklukan ASUS tanpa mengalami thortling dengan cepat sehingga performa turun drastis. Bahkan Nubia harus menambahkan Fan Aktif kedalam Smartphone untuk mengalahkan varian snapdragon ini. Bahkan samsung pun harus menyunat performa di Z Flip dan Z Fold agar tidak cepat panas.

Eittssss!!!! tapi jangan khawatir. Walau Rog Phone 6 Ini tidak dibekali Fan Aktif tetapi performanya ga disunat. Kenapa?? karena kita sudah ga asing bahwa lini Rog Phone selalu disertai aksesoris keren yang salah satunya itu Active Cooling yang dapat mendinginkan SOC. Alasan kenapa Asus tidak mau memasukan Fan Aktif mungkin karena agar baterai tetap awet ketika performa tinggi dalam kondisi non gamming. Aksesoris ini ASUS menamakan AeroActive Coller, dan sama seperti pendahulunya coller ini menggunakan teknologi thermoelectric module yang dapat mengubah energi listrik menjadi suhu dingin. Ini menjadikan pendinginan lebih baik dibanding hanya menggunakan kipas saja. Ga hanya itu, di aksesoris cooler ini terdapat 4 tombol trigger yang bisa dipakai dan dikonfigurasi oleh user sesuka hati. Ga lupa juga aurora RGB selalu hadir di Aksesoris Rog Phone terbaru ini.

Disini masalah pendinginan sudah selesai, Kembali ke SOC Snapdragon 8+ Gen 1 dimana dia dibelai 8 Core (Octa Core) dengan konfigurasi Core 1x3.19 GHz Cortex-X2 & 3x2.75 GHz Cortex-A710 & 4x1.80 GHz Cortex-A510. Dengan fabrikasi terbaru di 4nm SOC ini mampu menghasilkan performa yang tinggi namun irit daya.

 

Layar / Display

Dibekali layar dengan ukuran 6.78 inchi, AMOLED Display dari Samsung yang memiliki ketajaman warna yang sangat baik. Ada peningkatan disisi layar dimana sebelumnya menggunakan 120 Hz sekarang di seri 6 ini dibekali  Refresh Rate sampai 165 Hz di resolusi 1080 x 2448 pixels, dan tidak lupa Layar ini sudah mendukung HDR10+ untuk memanjakan mata saat bermain game atau menonton film. Dengan spesifikasi ini sudah dipastikan ketajaman warna dan ketajaman sudah dijajaran terbaik dibanding kompetitornya.

Selain itu touchscreen juga menggunakan touchscreen yang berkualitas, dimana touchscreen mampu menghasilkan 720 ms sampel sentuhan atau biasa dikenal touch sampling rate serta memiliki respon tercepat sampai 23 ms. Untuk yang belum tau seberapa cepat sih 23 ms (milisecond) itu, jika 1 detik adalah 1000 ms dan rata-rata otak manusia dapat merespon sentuhan itu di 100 ms sampai 2000 ms maka sebelum otak merasakan jari menyentuh layar, sentuhan di touchscreen sudah selesai mengirim sinyal ke SOC bahwa titik tersebut sudah tersentuh.

Menurut teori diatas apakah latency delay di 23 ms dalam touchscreen smartphone dibutuhkan? apakah hanya sebuah marketing fitur atau emang bisa dimanfaatkan dengan baik dan mempengaruhi kenyamanan dalam bermain game? Ada kemungkinan dibutuhkan karena tubuh manusia bisa mengingat kebiasaan yang berulang ulang. Semisal kita bermain game moba kita sudah terbiasa melakukan Ulti ketika bertemu musuh tertentu. Maka dengan respon touchscreen yang cepat ketika kita tiba-tiba melakukan Ulti karena kita melihat musuh tertentu yang berasal dari kebiasaan, mungkin fitur ini baru terasa manfaatnya.

Selain itu kita bisa memanfaatkan Rog Phone 6 ini jika kita bekerja yang dimana membutuhkan akurasi warna, karena akurasi warna di Detla-E nya kurang dari 1, yang artinya punya akurasi warna yang sangat tinggi.

 

RAM dan Penyimpanan / Storage

Rog Phone 6 ini dibekali tiga varian RAM sebesar 8 GB, 12 GB dan 16 GB LPDDR5. Ukuran yang cukup besar untuk sebuah smartphone dan mampu menghandle multitasking yang cukup banyak. Banyak yang berfikir RAM yang terlalu besar terlalu overkill, bakal tidak terpakai. Padahal kita tau semakin OS dan Aplikasi berkembang, semakin membutuhkan RAM, dengan dibekali RAM yang besar bisa menjadi garansi bahwa Produk ini bisa bertahan sangat lama. Jadi jika membeli produk ini masa pakainya dijamin bisa lama. Karena asumsi sekarang untuk smartphone kelas mid range dapat digunakan sampai 5 tahunan sebelum sangat sulit beroprasi. Tapi rata-rata flagship masih bisa bertahan sampai 7 tahun lebih.

Untuk ruang penyimpanan varian RAM 8 GB memiliki penyimpanan 128 GB, varian RAM 12 GB memiliki penyimpanan 128GB dan 256 GB, dan varian RAM 16 GB memiliki penyimpanan 512 GB

 

Kamera Utama dan Selfie

Posisi kamera yang diusung oleh Rog Phone kali ini sepertinya tidak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya. Set Kamera berjejer secara horizontal dan berletak di posisi atas agak sebelah kiri. Ini dikarenakan SOC berada tepat di tengah smartphone dengan tujuan agar lebih dekat dengan fan cooler.

Kamera Utama yaitu 50 Megapixel dengan bukaan f/1.9 dan ukuran lensa sudah wide. Kamera kedua 13 Megapixel diperuntukan untuk ultrawide, dan terakhir kamera ketiga dengan 5 Megapixel untuk macro. Di smartphone dengan kelas gaming memang kamera tidak terlalu ditonjolkan namun di konfigurasi Rog Phone 6 ini, sudah lebih cukup befoto untuk kebutuhan sehari hari. Konfigurasi kamera ini biasanya ditemukan di smartphone kelas mid range. Namun hal yang menarik adalah kamera utamanya mampu melakukan perekaman video di 8K dengan framrate di 24fps dan mampu merekam di 4K dengan framerate 120fps. Dan jika ingin mengejar slowmotion dengan resolusi setinggi tingginya dapat di set di 720 dengan framerate bisa mencapai 480fps. Untuk kelas seperti ini bahkan cukup untuk melakukan perekaman untuk pertandingan olahraga. Dan pastinya tidak luput untuk stabiliasi perekaman kamera sudah dibekali gyro-EIS.

Selanjutnya untuk kamera selfie mungkin tidak ada yang menarik karena hanya dibekali 12 Megapixel dengan kemampuan perekaman di 1080 dengan framerate di 30 fps. Sangat cukup jika hanya digunakan untuk video call dan video conference.

 

Jaringan dan Konektifitas

Jaringan yang dapat digunakan sudah pastinya mengusung jaringan 5G. Namun belum ada info resmi channel dan band apa  saja yang bisa diterima oleh Rog Phone 6 ini. Lalu untuk WIFI sudah mengadaptasi WIFI 6 dengan konfigurasi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, yang pastinya sudah mendukung bandwith 2.4 Ghz dan 5 Ghz. Untuk Bluetooth menggunakan konfigurasi versi 5.2 dengan fitur A2DP, LE, aptX HD dan aptX Adaptive.

Untuk konfigurasi GPS masih sama dengan pendahulunya yaitu Dual-Band A-GPS dengan GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, GNSS dan NavIC.

Fitur NFC sudah dipastikan hadir di smartphone ini, dan yang selalu menarik dari Rog Phone adalah dia punya 2 usb, dimana port usb dibawah menggunakan USB tipe C 2.0 dan disamping menggunakan USB tipe C 3.1. ini sangat mempermudah posisi charging saat dalam posisi landscape. Selain itu usb di samping digunakan untuk melakukan koneksi dengan aksesoris fan cooler yang nantinya dapat melakukan ekstensi tombol yang akan dibahas di bagian Fitur.

 

Fitur Keamanan dan Sensor

Dengan menggunakan layar amoled agar mempermudah autherikasi biometrik, maka Fingerprint yang digunakan adalah Fingerprint under display (optical). Yang sudah umum digunakan di smartphone dengan layar amoled. Seri 6 ini pun dibekali sensor yang cukup lengkap yaitu Accelometer, Gyroscope, Proximity dan Compass. Sensor yang cukup digunakan untuk kebutuhan gaming, navigasi dan kenyamanan.

 

Speaker dan Mic

Untuk speaker Asus memberikan Dual Speaker Simetris kiri dan kanan saat posisi landscape dengan Dirac. Selain itu ditingkatkan lagi aptX bluetooth agar konektifitas dengan earbuds memiliki latensi yang rendah. Dan tidak lupa Jack 3.5mm masih hadir demi kenyamanan dalam memilih headset andalan.

 

Baterai dan Charging

Asus memberikan baterai yang besar yaitu Li-Po 6000 mAh dengan teknologi Fast Charging berkekuatan 65 Watt.Bukan hanya itu smartphone gaming ini dapat menerima input daya dari charger berteknologi Power Delivery (PD) versi 3.0, dan dapat melakukan reverese charging dengan output 10w.

 

Fisik dan Tampilan

 

Rog Phone 6 memiliki bentuk yang berbeda dengan pendahulunya walau masih ada cembungan tetapi tampilannya lebih datar dan lebih menonjolkan simpel tapi tetap dengan aksen gamingnya.

Dibagian Layar smatphone ini masih mirip dengan pendahulunya yaitu memiliki bezel diatas dan dibawah dan tidak memiliki poni kamera. Asus sepertinya ingin menjaga agar pandangan saat bermain game tidak terganggu dan memberikan sedikit ruang untuk menggenggam tanpa sepenuhnya menutupi layar. Walau terkesan jadul tapi ini merupakan posisi paling nyaman untuk bermain game.

Untuk dimensi fisik Rog Phone 6 memiliki ukuran 173 x 77 x 10.3 mm (6.81 x 3.03 x 0.41 in) dan berat 239 g (8.43 oz). Walau bisa dibilang tidak ringan tapi masih dalam batas wajar berat ideal dari smartphone. Ini memungkinkan pengguna tidak cepat pegal saat memegangnya dalam waktu lama.

Dilengkapi dengan proteksi Gorilla Glass Victus di bagian layar dan Gorilla Glass 3 untuk bagian belakang frame yang terbuat dari alumunium memberikan sensasi kokoh untuk terjadi hal yang tidak terduga.

Dibagian depan seperti smartphone umumnya hanya terlihat layar dan kamera selfie, untuk bagian belakang kita bisa melihat akses khas dari Rog Phone dimana posisi atas terdapat kamera dan dari tengah kebawah ada Logo Rog yang dapat berkelap kelip RGB. Asus menyebutnya Illuminated RGB logo.

Dibagian samping kiri terdapat USB type C dan mic, sedangkan diposisi samping kanan terdapat tombol power, tombol volume dan 2 ultrasonic trigger.

Untuk varian Rog Phone 6 ini memiliki 2 warna yaitu Phantom Black dan Storm White.

 

Fitur Ekslusif

Selain dari Illuminated RGB logo yang sudah dijelaskan diatas. Rog Phone 6 ini punya pengembangan lebih dari pendahulunya yaitu tombol ultrasonic yang dapat mendeteksi 6 jenis sentuhan. Selain itu Rog Phone 6 ini masih memiliki fitur Grip Press untuk mengaktifkan gamming mode.

Selanjutnya di Rog Phone 6 ini vibrator motor disempurnakan dan memiliki konsep yang berbeda. Alhasil mendapatkan pengalaman baru dalam menikmati sensasi dalam bermain game. Asus menyebutnya X-Haptic dimana komponen itu terdapat X-linear motor yang dapat beresonansi sampai 130 Hz.

 

Aksesoris

Ada beberapa aksesoris baru yang selalu ikut dalam perilisan terbaru Asus Rog Phone dan pastinya yang paling ditunggu adalah AEROACTIVE COOLER 6. Cooler dengan mekanisme thermoelectric ini dapat mendinginkan permukaan sampai ke suhu 25 derajat yang dikontrol oleh sistem AI, dan di suhu ini akan menjamin performa SOC dalam keadaan maksimal tanpa ada penurunan sedikitpun. Selain itu terdapat 4 tombol tambahan yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Selanjutnya ada KUNAI 3 GAMEPAD, gamepad ini memiliki tombol lengkap seperti kunai versi sebelumnya dengan style terbaru dan dengan kualitas console. Memberikan sensasi bermain game mirip konsol-konsol genggam pada umumnya.

 

OS dan Aplikasi Pendukung

Rog Phone 6 ini dibekali Android OS versi 12 dan aplikasi khusus Rog Phone bernama Game Genie. Dengan Aplikasi ini kamu dapat mengatur performa dan hal-hal yang berhubungan dengan game. Selain itu juga aplikasi ini dapat membantu mengoptimalkan game dan membatasi gangguan dalam bermain game. Sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman bermain game secara maksimal.

 

Harga

ROG Phone 6 12/256GB dibandrol dengan harga 999 euro (Rp 15 juta) dan varian 16/512GB dibandrol dengan harga 1149 euro (Rp 17 juta).

Artikel Terpopuler
Rekomendasi Spesifikasi