Kategori
Produk

Tags
Rokok Esse Korean Tomorrow & Global

Diupload Oleh
Diupload Oleh CekBarang Indo

Macam-macam Rokok Esse dan Sejarahnya

Diperbaharui pada Saturday, 23 Mar 2024 | 19:10

Macam-macam Rokok Esse dan Sejarahnya

Sejarah Rokok Esse

Rokok Esse adalah rokok dari Korea Selatan yang diproduksi oleh Korea Tobacco & Ginseng Corporation (KT&G) yang sekarang sudah berubah nama menjadi Korea Tomorrow & Global Corporation . Merek ini awalnya ada pada tahun 1996. Ada beberapa ukuran Sigaret yaitu regular, slim dan superslims yang memiliki kandungan tar dan nikotin dibawah rata-rata rokok biasa. Itu yang menyebabkan rokok ini digemari oleh konsumen perempuan.

Di Korea Selatan sendiri mereka sudah menguasai pangsa pasar rokok dengan 25% persentase pada tahun 2012. Mereka juga memiliki tingkat expor rokok yang besar pada tahun 2010 mereka mengalami peningkatan di 15,4% dan pada tahun 2016 meningkat kembali menjadi 40%.

Masuknya Esse ke Indonesia

Berawal dari tahun 2002, perusahaan KT&G di Korea Selatan dari bisnis sektor pemerintah menjadi sektor private. Dengan perpindahan ini perusahaan mulai melakukan ekspansi usaha ke beberapa negara, salah satunya Indonesia.

Di Indonesia Esse sudah berhasil menjual sebanyak 120 Juta batang ronkok. KT&G kemudian meningkatkan penjualan dengan melakukan invoasi yaitu membuat varian baru dan menargetkan untuk kalangan anak muda dan dewasa.

Lalu di tahun 2011 melakukan pembelian saham milik PT Trisaksi Purwosari Makmur (TPM) sebesar 60% atau sekitar 140 miliyar Won, jika dikonversikan sekitar 1,12 Triliun Rupiah. Pembelian saham ini dipercaya dapat memperluas produk KT&G dan memanfaatkan jaringan dagang dan distribusi TPM.

TPM sendiri berlokasi di pasuruan, Jawa Timur dan sudah memproduksi rokok dalam berbagai merek, diantaranya itu Master Mild, Win Mild, Lintang Enam dan lainnya. Tapi jenis-jenis Rokok Esse di Indonesia kebanyakan diproduksi oleh anak perusahaan TPM yaitu PT Mandiri Maha Mulia.

Macam-Macam Rokok Esse

  • Esse Change Applemint. Adalah varian rokok esse dengan tipe superslims yang berisi kapsul perasa. Jika di klik, kapsul ini akan memberikan rasa apel dan mint saat dihisap.
  • Esse Menthol. Yaitu varian rokok esse dengan tipe superslims dan memiliki ciri khas rasa menthol, ukurannya kecil dan asapnya minim sehingga disukai kaum wanita.
  • Esse Mild. Adalah varian rokok esse dengan tipe superslim dan rokok ini merupakan varian dengan tingkat tar dan nikotin yang rendah (LTLN).
  • Esse Maxx. Varian ini merupakan varian yang unik karena merupakan varian hybrid yang berada diantara LTLN (low tar low nicotine) dan full falvor. Bisa juga disebut tar sedang (medium).
  • Esse Berry Pop yang termasuk varian LTLN namun mempunyai kapsul yang jika dipecahkan akan memberikan rasa buah beri yang nikmat.
  • Esse Shuffle Pop yaitu varian seperti Berry Pop tapi didalamnya terdapat rokok yang memiliki 5 kapsul rasa yang berbeda yaitu Berrymint, Caramelmint, Applemint, Mangomint, dan Orangemint.
Macam-Macam Varian Rokok Esse yang beredar di Indonesia
Esse Change Applemint

Esse Change Applemint adalah salah satu varian dari rokok kretek Esse. Rokok Esse yang termasuk kategori SKM superslims ini pada tahun 2014-2015 mulai dijual ke masyarakat oleh KT&G. Rokok ini mempunyai ciri khas unik yaitu KT&G memasukan kapsul perasa pada filter di produk mereka ini. Jika dipecahkan kapsulnya maka akan memberikan sensasi menthol dengan rasa apel saat dihisap.

Kandungan Esse Change AppleMint :

  • 12 mg Tar
  • 0,8 mg Nikotin
Esse Menthol

Esse Menthol merupakan salah satu rokok Esse yang diluncurkan pertama kali oleh KT&G di tahun 2000-an, dan di Indonesia sendiri produk ini baru dirilis pada tahun 2013. Rokok yang mempunyai ukuran superslims ini merupakan jenis Sigaret Putih Mesin atau SPM. Dengan ukurannya yang slim dan asapnya yang tidak terlalu banyak, maka produk ini sangat diminati oleh kalangan wanita.

Menthol yang ditambahkan pada sigaret di produk ini lebih memiliki kecenderungan sensasi yang lembut, tingkat rasa mentholnya juga diatur dengan takaran yang pas.

Kandungan Esse Menthol :

  • 5 mg Tar
  • 0,5 mg Nikotin
Esse Mild

Dengan kesuksesan KT&G dalam memberikan produk yang digemari oleh masyarakat, kini KT&G merambah ke segmen Sigaret Kretek Mesin atau SKM. Dengan munculnya produk Esse Mild ini pada tahun 2013, sesuai dengan namanya, produk ini merupakan sigaret superslims yang memiliki kandungan tar dan nikotin yang kecil atau LTLN (Low Tar Low Nicotine).

Dengan kandungan tar dan nikotin yang rendah ini tidak cukup untuk memberikan kepuasan bagi konsumen dimana Produsen memberikan inovasi filter menggunakan activated charcoal. Dengan filter ini mebuat asap yang dihasilkan lebih lembut dan bersih.

Kandungan Esse Mild :

  • 12 mg Tar
  • 0,7 mg Nikotin
Esse Maxx

Pada tahun 2019, KT&G merilis varian baru yang disebut Esse Maxx melalui TPM. SKM ini merupakan sigaret Hybrid karena komposisinya berada diantara LTLN dan Full Flavor. Dengan itu produk ini dikategorikan sebagai rokok dengan kandungan tar sedang (Medium Tar).

Rokok ini memiliki rasa buah dan sensasi spicy yang tidak begitu terasa. Selain itu, rasa cengkeh tidak terlalu kuat memberikan kenikmatan yang tidak berlebihan.

Kandungan Esse Maxx :

  • 22 mg Tar
  • 1,3 mg Nikotin
Esse Berry Pop

Berry Pop yang dirilis pada tahun 2016 ini merupakan salah satu dari berbagai varian rokok Esse berjenis Sigaren Kretek Mesin (SKM) yang memiliki kandungan tar dan nikotin yang rendah. Dengan mengacu pada kategori LTLN (Low Tar Low Nicotine) serta memiliki kapsul yang jika dipecahkan, memiliki rasa buah beri sahat dihisap. Produk ini cocok untuk kalangan muda yang bosan akan rasa rokok yang tidak variatif.

Kandungan Esse Berry Pop :

  • 15 mg Tar
  • 0,9 mg Nikotin
Esse Shuffle Pop

Produk Esse yang populer ini merupakan inovasi rokok LTLN yang memiliki filter berisi kapsul dengan lima rasa buah. Produk ini dinamakan Shuffle Pop yang memiliki target kalangan anak muda yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan ingin mencari sensasi yang berbeda dari yang biasanya.

Suffle yang berarti mencampurkan ini merujuk pada lima rasa pada kapsul di filter dalam satu kemasan. Rasa yang terdapat di rokok ini adalah BerryMint, CaramelMint, AppleMint, MangoMint dan terakhir OrangeMint.

Kandungan Esse Shuffle Pop :

  • 15 mg Tar
  • 0,9 mg Nikotin

Fakta menarik Rokok Esse yang mungkin kamu belum tahu

1. Merupakan salah satu merek yang mengeluarkan tipe superslims paling laku didunia.

Sejak awal 2001 sampai Juli 2016, perusahaan KT&G memberikan laporan bahwa mereka telah melakukan expor Rokok Esse yang diproduksi di Korea Selatan mencapai 202 Miliar dan yang dibuat diluar Korea Selatan sebanyak 43 Juta batang. Ini yang menjadikan rokok esse merupakan salah satu merek roko superslims yang paling laris dan menguasai lebih dari 1/3 pasar rokok superslims di dunia.

Kesuksesan merek ini di mancanegara menjadikan KT&G sebagai perusahaan rokok terbesar ke 5 di dunia, dan tidak hanya itu keberhasilan KT&G mendirikan cabangnya diluar negeri yaitu di Iran pada tahun 2009 dan di Rusia pada tahun 2010

2. Memiliki Varian Khusus di beberapa Negara.

Strategi KT&G dalam mensuksesan Esse di pasar luar Korea Selatan dengan cara memberikan varian rasa variannya untuk negara-negara tertentu semakin membuat Produk Esse dapat diterima dengan mudah di masyarakat negara tersebut.

Seperti untuk di indonesia, KT&G menambahkan cengkih dalam pembuatan rokoknya untuk memikat konsumen kretek di Indonesia dan di Afrika, perusahaan ini menciptakan rokok Esse dengan ukuran lebih pendek. Selain itu di RUsia mereka berfokus ke produk mereka yang berbasis filter dengan isi kapsul rasa.

Artikel Terpopuler
Rekomendasi Spesifikasi