Kategori
Pengetahuan

Tags
Kamera Informasi

Diupload Oleh
Diupload Oleh CekBarang Indo

Pengertian Resolusi Dalam Kamera

Diperbaharui pada Thursday, 11 Aug 2022 | 01:29

Seperti yang kita tahu banyak smartphone atau kamera digital sangat memfokuskan marketing mereka ke resolusi dari kamera yang mereka gunakan. Tapi apakah resolusi dalam kamera benar-benar sangat penting? Atau tidak ada perubahan dalam kualitas dari generasi ke generasi teknologi kamera melainkan hanya ukuran dari kamera yang membesar. Ini dikarenakan perkembangan teknologi sepertinya hanya mengisyaratkan bahwa teknologi dalam sensor kamera hanya berdasarkan dari resolusi kameranya saja. Contohnya bagi generasi 80-90 an, kita semua tau dulu Nokia sangat merajai ponsel dengan kamera yang sangat bagus dan bahkan salah satu produknya memiliki desain yang hanya mengedepankan fitur dari kamera tersebut.

Di tahun 2005 Nokia merilis Nokia N90 dengan bentuk seperti handycam membuat ponsel tersebut seakan-akan berkata bahwa dia adalah ponsel dengan kamera terbaik dimasanya. Tapi kalo kita melihat spesifikasinya ternyata N90 ini hanya dibekali sensor kamera berukuran 2 Megapixel dan lensa Carl Zeiss.

Jadi apakah resolusi sangat mempengaruhi? Sebelum itu kamu harus tau dulu arti dari “resolusi” dan apa satuannya

Apa Itu “Resolusi”

Kata dari Resolusi sendiri ternyata memang hanya diperuntukan sendiri untuk sektor teknologi yang menyatakan banyaknya pixel yang dihasilkan dalam satu bidang. Nah pixel sebenarnya adalah penyingkatan kata dari “Picture Element”. Dari kata tersebut bisa didefinisikan bahwa pixel adalah komponen yang dibutuhkan untuk menghasilkan gambar. Jadi jika mendengar satuan pixel, misalnya 4 pixel, berarti gambar tersebut memiliki susuna 4 komponen yang dapat menghasilkan gambar. Untuk saat ini misalkan smartphone memiliki kamera utama sebesar 12 Megapixel. Mega berarti Juta yang artinya kameranya dapat menangkap warna untuk menghasilkan gambar sebanyak 12 Juta.

Nah jika kita mengabaikan kualitas dalam kamera. Resolusi besar dalam kamera dapat memberikan keuntungan, yaitu:

  1. Hasil Print
    Dengan resolusi kamera yang tinggi kita bisa mencetak gambar itu ke media yang sangat besar. Semisal jika kamera digital mempunyai resolusi 20 Megapixel, maka ada kemungkinan gambar yang dihasilkan bisa dicetak ke baligho atau media besar lainnya.
  2. Mampu di crop tanpa mengurangi kualitas.
    Saat kita ingin mengedit foto hasil kamera terkadang kita hanya membutuhkan sedikit objek yang ada di foto tersebut. Gambar dengan resolusi yang sangat besar jika kita potong sedikit bagiannya, dia masih memiliki resolusi yang besar, yang sangat cukup untuk menggabungkan dengan gambar lain tanpa mengurangi kualitasnya.
  3. Konversi resolusi
    Jika kita punya Gambar mentah dengan resolusi yang besar maka jika suatu saat kita membutuhkan gambar untuk beberapa ukuran semisal untuk poster, artikel website, baligho, papan reklame (iklan), kita bisa melakukan konversi resolusi tanpa kehilangan kualitas.
  4. Dapat dilihat diberbagai perangkat elektronik.

Dengan resolusi yang besar, kita bisa menampilkan foto / gambar kita di laptop, smartphone, TV bahkan Videotron.

Dari sana kita bisa melihat bahwa resolusi tinggi memberikan manfaat, tapi yang perlu diketahui bahwa resolusi tinggi tidak menjamin kualitas dari foto tersebut. Kedua faktor antara resolusi dan kualitas harus benar-benar diperhatikan. Itu kenapa resolusi tidak menjadi jaminan dari kualitas yang dihasilkan.

Satuan dalam Resolusi

Seperti yang dijelakan diatas, satuan dari resolusi adalah pixel tapi bagaimana mendefinisikan resolusi hanya dari jumlah pixelnya. Disini kita membutuhkan parameter tambahan yaitu aspek rasio. Seperti pada layer TV pada umumnya aspek rasio yang umum digunakan itu 4:3 dan 16:9.
4:3 biasa kita temukan di TV tabung lama, dan 16:9 biasa kita temukan di TV flat terbaru saat ini. Adapun Aspek Rasio bisa berbeda tergantung dari produsen Layar.

Nah jika kita sudah tau parameter Aspek Rasio dari suatu kamera atau sensor maka kita bisa mendapatkan ukuran bidang pixel dari kamera tersebut.

Contohnya jika ada kamera dengan resolusi 12 Megapixel dengan aspek rasio di 16 banding 9 maka dengan cara :

Pertama kita bagi dlu aspek rasionya yaitu

  • 16 dibagi 9 menghsilkan rasio 1,77 untuk Horizontal
  • 9 dibagi 16 menghasilkan rasio 0,56 untuk Vertical.

Setelah itu kita bisa gunakan rumus:

  • 12 Megapixel = 12.000.000 Pixel
  • 12.000.000 x 1,77 = 21.240.000
  • 12.000.000 x 0,56 = 6.720.000

Nah disini bagian sulitnya karena kita membutuhkan kalkulator, kecuali kamu mau mencoba menghitungknya karena kita akan mencari hasil dari akar dua nilai yang kita dapatkan diatas.

  •  = 3.498,57 -> 3.498 Pixel untuk Horizontal
  •  = 2.592,29 -> 2.592 Pixel untuk Vertikal

Dengan ini kita bisa menarik kesimpulan bahwa kamera dengan Resoulsi 12 Megapixel dan Aspek Rasio 16:9 akan menghasilkan Dimensi Resolusi Panjang di 3.498 pixel dan Lebar di 2.592 pixel.
 

Dengan itu kamera dengan resolusi 12 MP akan tidak mengalami penurunan kualitas saat dilihat di layer FHD (rata-rata yang digunakan di laptop 16 inchi saat ini), yang memiliki resolusi 1.920 x 1080 pixel atau kita biasa dengar dengan 1080p, maka foto 12MP tidak akan pecah.

Digital Zoom

Fitur zoom adalah fitur yang sangat penting dalam kamera karena pastinya kita membutuhkan fitur ini untuk memfokuskan dengan objek yang ingin kita abadikan. Tapi taukah kamu bahwa tidak semua kamera di smartphone itu bisa melakukan pembesaran melalui optik seperti pada kamera digital. Banyak Smartphone yang tidak bisa memakai optic zoom karena masalah biaya dan ukuran. Untuk menanggulangi itu dengan ukuran resolusi kamera yang cukup besar, smartphone saat ini bisa melakukan pembesaran gambar dengan Digital Zoom, digital zoom adalah proses pembesaran gambar dengan mengambil sebagian pixel dari keseluruhan pixel yang ditangkap kamera namun dengan software akan tetap memiliki resolusi yang sama. Jadi secara tidak langsung resolusi kamera yang besar bisa membantu meningkatkan kualitas dari Digital Zoom.

Kesimpulan

Resolusi besar dalam kamera memang memberikan keuntungan tapi bukan hanya faktor itu saja dalam kamera dalam menentukan kualitas ada faktor lain seperti ukuran sensor, kemampuan sensor dalam menerima rentang cahaya, kualitas lensa dan filter-filter yang dimiliki lensa sangat mempengaruhi kualitas dari gambar yang dihasilkan kamera.

Artikel Terpopuler
Rekomendasi Spesifikasi